Jakarta

Mau tampilan rumah berbeda saat Lebaran? Cukup ganti ubin menggunakan vinyl bisa membuat rumah terlihat lebih aesthetic. Berikut tips memilih lantai vinyl.

“Lantai vinyl menjadi cara bagus dan murah untuk menambahkan warna, pola, dan kepribadian dalam ruangan tanpa mengorbankan keamanan atau kualitas. Ini adalah pilihan yang bagus untuk keluarga sibuk dengan anak-anak karena awet, tahan lama, dan hangat di kaki,” papar David Snazel, Hard Flooring Buyer di Carpetright, dilansir dari House Beautiful.

Sebelum memilih lantai vinyl, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Jangan asal memilih lantai vinyl karena akan mempengaruhi seluruh penampilan rumahmu.

Di samping itu, memilih lantai vinyl yang kurang sesuai fungsi ruangan juga membuat lantai rumah tidak berumur panjang. Sebelum memilih lantai vinyl, kamu bisa mempertimbangkan beberapa hal agar tepat dalam menentukannya.

Yuk simak tips memilih lantai vinyl agar rumah terlihat lebih aesthetic dalam rangka menyambut Hari Raya:

1. Pertimbangkan Desain yang Klasik

Saat memilih lantai vinyl, penting untuk mempertimbangkan kualitas desain dan detailnya. Untuk memastikannya efektif mereplikasi elemen dalam kayu, batu, atau porselen, lihat desain simpul, pewarnaan, dan kilau hasil akhir.

Pertimbangan memilih lantai vinyl dengan desain klasik sebagai replikasi ketidaksempurnaan yang terjadi secara alami seperti retakan dan urat. “Memilih desain yang memiliki tampilan sedikit klasik akan membuat segala kekurangan tidak terlalu terlihat,” tambah David.

2. Jenis Vinyl

Ada beberapa pilihan jenis vinyl yang mudah dipasang. Namun ketahui beda antara memilih lantai vinyl berupa papan, lembaran, dan ubin.

Lantai vinyl lembaran

Memilih lantai vinyl lembaran menjadi pilihan yang paling terjangkau karena relatif mudah dipasang. Tersedia dalam berbagai desain, memilih lantai vinyl lembaran akan menutupi sebagian besar lantai dengan sedikit jahitan.

Permukaannya juga cenderung lembut, tahan air, dan nyaman untuk diinjak. Namun hati-hati saat memasang lantai vinyl lembaran karena peletakkan yang salah sulit untuk diulang. Demikian pula, jika ada robekan atau kerusakan tidak dapat diperbaiki dengan mulus.

Lantai vinyl papan

Jika memilih lantai vinyl papan, desainnya lebih sering dirancang agar terlihat seperti kayu atau batu asli. Ini menjadi opsi yang lebih mahal karena menampilkan sentuhan akhir bertekstur, anti selip atau tepi miring.

Lantai vinyl model papan akan terlihat menarik dan tahan lama, cocok digunakan di area yang tidak direkomendasikan untuk kayu. Kualitas material lantai vinyl papan juga lebih lembut daripada batu dan keramik sehingga lebih nyaman di bawah kaki dan tahan terhadap apa pun yang jatuh di atasnya.

Lantai vinyl sticker

Bagaimana jika memilih lantai vinyl sticker? Tips memilih lantai vinyl sticker, pilih yang sudah dipotong satu per satu menggunakan perekat.

Materialnya sangat ringan membuat lantai vinyl sticker mudah dipasang dan tidak perlu pakai pisau untuk memotongnya. Pemasangan yang sangat mudah membuat pekerjaan lebih cepat selesai jika memilih lantai vinyl sticker.

(eny/eny)

Topics #Flooring #Green Living #Green Real Estate #Home Based Business #Investing