SOLO – Indonesia ASEAN Para Games Organizing Comittee (Inaspoc) 2022 terus mematangkan venue pelaksanaan olahraga kaum disabilitas terbesar di Asia Tenggara ini. Salah satunya dengan memindahkan venue tenis meja dari Sporthall Tirtonadi ke Solo Techno Park. Sebab, di lokasi pertama kurang layak untuk pelaksanaan ajang olah raga internasional.

Pergantian venue cabor tenis meja ini telah mengalami perubahan. Semula, venue yang dipilih adalah De Tjolomadoe sebelum akhirnya dipindah ke Sporthall Tirtonadi. Sebab, pada hari yang sama De Tjolomadoe digunakan untuk konser musik.

Namun, setelah melalui beberapa peninjauan, Sporthall Tortonadi juga tidak layak. Akhirnya diputuskan digelar di Solo Techno Park.

“Flooring (lantai) nya kan tidak boleh bergelombang. Makanya venue tenis meja kami pindah dari Sporthall Tirtonadi ke Solo Techno Park,” kata Ketua Inaspoc Gibran Rakabuming Raka, Selasa (5/7).

Selain itu, keberadaan fasilitas ramah difabel yang dirasa kurang lengkap juga jadi pertimbangan panitia ASEAN Para Games (APG) 2022. Solo Techno Park jauh lebih memadahi untuk fasililitas ramah difabel.

“Di Solo Technopark lokasinya besar dan akses disabilitas memadai. Selain itu juga gratis karena aset milik pemkot,” papar dia.

Meski ada perubahan venue pelaksanaan cabot tenis meja, Gibran memastikan kesiapan venue sudah semakin matang. Perubahan venue hanya terjadi pada satu lokasi saja sementara lokasi lainya sudah siap. Dia  pun memastikan perubahan satu venue ini tidak memengaruhi persiapan dan pelaksanaan Asean Para Games 2022. “Hanya satu saja yang berubah, tapi semuanya sekarang sudah final. Tenang saja,” beber Gibran.

Sekjen Natimonal Patalympic Comittee (NPC) Rima Ferdianto menambahkan, pergantian venua cabor tenis meja dari Sporthall Tirtonadi ke Solo Techno Park lantaran sporthall dinilai kurang layak untuk pelaksanaan ASEAN Para Games 2022. Kurang layaknya venue tersebut disebabkan karena masalah infrastruktur yang ada termasuk kurang banyaknya ruang pendukung di dalamnya.

“Akhirnya wali kota (Gibran Rakabuming, Red) memutuskan untuk memindahkan lokasi penyelenggaraan cabor tenis meja ke Solo Techno Park,” imbuh dia. (ves/bun)

Topics #Flooring #Green Living #Green Real Estate #Home Based Business #Investing