JAKARTA, KOMPAS.com – Ubin merupakan salah satu penutup lantai yang paling banyak digunakan baik bagi rumah pribadi maupun fasilitas publik.

Jenis ubin keramik dan ubin porselen banyak diminati oleh masyarakat. Meskipun sekilas terliat mirip, namun kedua ubin ini memiliki perbedaan mendasar.

Seperti dikutip dari Avalon Flooring, ubin keramik dan ubin porselen memang sama-sama dibuat dari tanah liat panggang.

Baca juga: Kenapa Lantai Ubin Terasa Dingin?

Namun salah faktor yang membedakannya adalah kepadatan dan daya tahan. Ubin porselen dibakar pada suhu yang lebih tinggi untuk waktu yang lebih lama daripada keramik.

Hal inilah yang membuat ubin porselen memiliki struktur yang lebih padat sehingga sepenuhnya tahan air dan bisa bertahan lebih lama.

Sementara itu, struktur ubin keramik lebih halus dan kurang berpori. Ini membuat ubin keramik lebih mudah menyerap air.

Faktor lain yang membedakan kedua jenis ubin ini adalah tampilannya. Memang, dengan teknologi saat ini, kedua ubin bisa memiliki warna atau pola apa pun.

Namun warna dan motif ubin porselen akan menyerap ke seluruh bagian permukaan ubin dengan lebih baik. Jadi jika permukaannya terkelupas, kerusakan tak begitu jelas terlihat.

Sementara itu, warna dan motif ubin keramik hanya tercetak di permukaan ubin dan diberikan glasir sebagai pelindung.

Baca juga: Cara Efektif Bersihkan Lantai Ubin di Rumah Anda

Jadi ketika ubin ini terkelupas, maka akan lebih tampak bahwa bagian dasar ubin memiliki warna yang berbeda dari permukaannya.

Dari segi ketahanan, memang ubin porselen jauh lebih unggul dibandingkan dengan ubin keramik.

Karena itu, ubin porselen sangat bagus untuk digunakan di bagian dinding eksteriorserta penutup lantai baik di dalam maupun di luar ruangan.

Namun ubin porselen memiliki harga pasaran yang tinggi sehingga butuh dana ekstra jika ingin menggunakannya di rumah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topics #Flooring #Green Living #Green Real Estate #Home Based Business #Investing